Mengeal Fungsi Pada Ms Excel

Fungsi merupakan rumus yang sudah disediakan oleh Ms Excel dan siap digunakan sebagai alat untuk membantu penghitungan. Sama seperti formula, penggunaan fungsi harus diawali dengan sama dengan (=), kemudian dilengkapi dengan argumen berupa angka, label, rumus, alat cell atau range. Argumen -argumen ini diletakkan dalam tanda kurung sehingga struktur penulusan fungsi adalah sebagai berikut.
Kategory fungsi yang disediakan Ms Excel 2007 terletak pada tab ribbon menu Formula grup Function Library.

Dari situ dapat kita lihat beberapa macam kategori Fungsi antara lain fungsi Financial, Fungsi Logika, Fungsi Teks, Fungsi Tanggal dan waktu, Fungsi Aritmatika, Fungsi Trigonometri, Fungsi Rujukan dan lain-lain.

Disini akan dijelaskan tentang fungsi yang biasa digunakan di Ms Excel :
Fungsi Statistik digunakan dalam pekerjaan statistik seperti menghitung jumlah data, menghitung nilai tertinggi, menghitung nilai terendah, menghitung nilai rata2 dll. Contoh fungsi statistik yang sering digunakan:
  • Average fungsi ini digunakan untuk mencari nilai rata - rata dari sekumplan data yang terdapat pada satu range tertentu. Berikut adalah bentuk penulisannya.
  • Max fungsi ini digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data pada suatu range tertentu.

  • Min fungsi ini digunakan untuk mencari nilai terendah 

  • Count fungsi ini digunakan untuk mencari jumlah data berformat angka yang terdapat dalam suatu range tertentu. 

  • Countif fungsi ini digunakan untuk mencari jumlah data dari suatu range dengan kriteria tertentu. Berikut adalah bentuk penulisannya. 

  • Large Fungsi ini digunakan untuk mencari urutan nilai terbesar 

  • Small Fungsi ini dipakai untuk mencari urutan nilai terkecil.

Fungsi Teks digunakan untuk mengolah data - data berupa text, dimana fungsi ini akan memuncuklkan suatu nilai berdasarkan data - data berformat teks.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengeal Fungsi Pada Ms Excel"

Posting Komentar