Tiga Jenis Acuan di Ms Excel

Ada tiga jenis acuan di Ms Excel yaitu Acuan Relatife, Acuan Mutlak dan Acuan Campuran.

Acuan Relatif ialah acuan dimana rumus akan berubah secara otomatis jika cell tempat rumus digunakan berubah. Jika posisi Cell yang mengandung rumus berubah, maka cell yang menjadi acuan juga berubah. Secara default, rumus baru akan menggunakan acuan relatife. Misal kamu mempunyai rumus di cell F7 yang mengacu ke cell C7, D7 dan E7. kemudian kamu menyalin rumus tersebut dari Cell F7 sampai F17. Rumus di Cell F7 akan mengacu ke Cell C7, D7 dan E7, rumus di cell F8 akan mengacu pada cell C8, D8 dan E8, begitu juga seterusnya.

Gambar Acuan Relatif di Lembar Kerja



Acuan Mutlak ialah acuan dirumus yang tidak berubah meskipun cell tempat rumus yang digunakan berubah. Acuan Mutlak dalam rumus seperti $A$1artinya Coloum A diikat dan Baris 1 juga diikat, atau dengan istilah selalu mengacu pada satu cell tertentu. Jika posisi cell yang mengandung rumus berubah, cell yang menjadi acuan akan tetap sama.
Misalnya kita punya rumus di cell E7 yang mengacu ke cell C7 dan D7. Kemudian kita menyalin rumus tersebut ke cell E8 sampai E17. Rumus di cell E8 akan mengacu ke cell C7 dan D7 begitu juga seterusnya.

Gambar Acuan Mutlak di Lembar Kerja


Acuan Campuran ialah acuan yang mencampurkan acuan relatif dengan acuan mutlak. Sebuah acuan campuran mempunyai sebuah kolom mutlak dan sebuah baris relatif atau sebuah kolom relatif dan sebuah baris mutlak. Sebuah kolom acuan mutlak mempunyai bentuk $A1, $B1 dan seterusnya. Sebuah baris acuan mutlak mempunyai bentuk A$1, B$1 dan seterusnya. Jika posisi dari cell yang mengandung rumus berubah, acuan relatifnya berubah sedangkan acuan mutlaknya tetap.
Misalnya kita mau mencari rata - rata nilai UN yang rumusnya adalah Nilai yang ada di Coloum C ditambah dengan nilai yang ada di Coloum D ditambah dengan nilai yang ada di Coloum E dan dibagi dengan angka di Cell C 19. Kita punya rumus di Cell F7 yang mengacu ke cell C7, D7 dan E7. Kemudian kita menyalin rumus tersebut ke Cell F8 sampai F17. Rumus di Cell F8 yang mengacu ke cell C8, D8 dan E8 dan begitu juga seterusnya. Acuan di Cell C19 tidak berubah karena kita menggunakan Acuan Campuran untuk mengacul ke cell tersebut.

Gambar Acuan Campuran di Lembar Kerja
Demikian penjelasan tentang tiga jenis acuan atau Referensi di Ms Excel, semoga bermanfaat... 

Subscribe to receive free email updates:

16 Responses to "Tiga Jenis Acuan di Ms Excel "